Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Presiden Jokowi- Awal Unjuk Rasa, Kini Menjadi Dukungan untuk Jokowi

Presiden Jokowi- Awal Unjuk Rasa, Kini Menjadi Dukungan untuk Jokowi

Presiden Jokowi– Pada awal semula, ribuan perangkat desa dari berbagai wilayah Indonesia berniat berunjuk rasa di depan Istana.

Acara Silaturahmi Nasional (silatnas) tersebut memang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Mantan Gubernur DKi Jakarta itu tiba di Istana sekitar pukul 10.00

Melihat kehadiran Presiden Jokowi, para perangkat desa langsung berteriakan memanggil nama Jokowi. Tidak hanya itu, mereka juga berada dekat dengan Jokowi untuk bisa menjabat tangan dengannya.

Sementara yang lainnya yang tak bisa mendekat ke Jokowi, Sibuk mengangkat gawai masing-masing untuk mengabadikan momen tersebut.

Begitu pula saat Presiden Jokowi menyampaikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa. Khusus terkait kesejahteraan perangkat desa, mereka akan segera menerima pendapatan tetap yang besar nya setara dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Saat merealisasikan hal itu, Presiden berjanji segera merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Bahkan tak hanya itu, para perangkat desa juga akan diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Jokowi juga berjanji akan secepatnya dituntaskan, paling lambat dalam waktu dua pekan.

Sebelum nya mereka para perangkat desa menuntut selaras dengan pendapatan tetap setara PNS.

Presiden Jokowi- Awal Unjuk Rasa, Kini Menjadi Dukungan untuk Jokowi

Mereka semula bahkan berencana menyampaikannya ke Presiden dengan cara unjuk rasa di Istana Merdeka, Jakarta.

Namun karena tuntutan itu sudah dipenuhi Presiden di acara silatnas, Jokowi pun meminta mereka untuk membatalkan unjuk rasa dan kembali ke desa masing masing.

Tak lupa, Presiden menyampaikan terimakasih atas perjuangan para perangkat desa selama ini dalam melayani masyarakat.

Ketua Umum Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Mujito berharap, janji itu betul-betul direalisasikan dua pekan mendatang. Dengan begitu, penghasilan tetap untuk seluruh perangkat desa sudah bisa dicairkan di Februari 2019.

Acara yang dibuat itu sesungguhnya adalah agenda dadakan. Setelah terdengar oleh Presiden para perangkat desa bergabung dengan PPDI berencana unjuk rasa, secara mendadak pula juga presiden memutuskan untuk bersilaturahmi dengan mereka.

Mengenai sifat acara yang mendadak, Presiden turut menyinggung di pidatonya.