Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Gempa Bumi - Mengguncang Kota Labuha Dengan Kekuatan 5,4 SR -

Gempa Bumi – Mengguncang Kota Labuha Dengan Kekuatan 5,4 SR

Gempa Bumi – Mengguncang Kota Labuha Dengan Kekuatan 5,4 SR

Gempa Bumiberkekuatan 5,4 SR kembali mengguncang Kota Labuha, Maluku Utara lebih tepatnya di Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Gempa ini terjadi pada kedalaman 28 Kilometer dengan titik koordinat gempa 0.89 Lintang Selatan dan 127.43 Bujur Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak empat kali gempa tersebut mengguncang Kota Labuha, Halmahera Selatan.

Gempa Bumi

Sebelumnya pada hari Sabtu kemarin Kota Labuha juga diguncang gempa dengan kekuatan yang berbeda dengan kekuatan 4,7 yang berada di laut 30 Km Selatan Kota Labuha.

Karena gempa bumi yang terus berlangsung membuat banyak orang panik sekaligus khawatir terjadi sesuatau yang tidak di inginkan. Terlebih lagi mereka yang sudah pernah merasakan gempa sehingga muncul trauma yang membuat mereka merasa takut.

Gempa Bumi – Mengguncang Kota Labuha Dengan Kekuatan 5,4 SR

Akibat dari gempa yang belurangkali terjadi, semua warga Labuha mengungsi di rumah Dinas Bupati, Gedung DPRD dan Masjid.

Sebelumnya masyarakat sudah tenang usai gempa magnitudo 5,4 namun yang membuat masyarakat panik adalah saat terjadi gempa sekitar 19.54 WIT yang dirasakan lebih besar karena itu mereka langsung mengungsi.

Namun, gempa yang mengguncang Kota Labuha ini tidak mengganggu Operasi Bandara Oesman Sadik dan Bandara Melonguane. Meski sempat terjadi gempa di wilayah Kepulaun Talaud dan Halmahera Selatan operasi penerbangan tetap berjalan normal.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B Pramesti mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap fasilitas dua Bandara yang dekat dengan kedua pusat gempa, yaitu Bandara Oesman Sadik dan Melonguane, tidak ditemukan kerusakan sebagai dampak dari gempa bumi yang terjadi.

Meskipun gempa tidak berdampak terhadap operasional bandara, pengelola bandara maupun maskapai meminta untuk tetap waspada baik terhadap gempa susulan maupun efek dari gempa, terutama terhadap bangunan serta sarana dan prasarana penerbangan.

Karena saat ini sering terjadi gempa, mohon antisipasi dan siagakan personel untuk monitor dan membantu apabila ada kejadian yg signifikan. Airport Emergency Plan agar dipahami dan lakukan mitigasi bila ada bencana serta koordinasi dengan pihak terkait.