Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Jembatan Terpanjang-Presiden China Resmikan Jembatan Terpanjang 55 Km

Jembatan Terpanjang-Presiden China Resmikan Jembatan Terpanjang 55 Km

Jembatan Terpanjang-Presiden China Resmikan Jembatan Terpanjang 55 Km

Jembatan Terpanjang – Presiden China Xi Jinping, Secara resmi membuka jembatan laut terpanjang di dunia, sembilan tahun setelah pembangunan infrastruk ini dimulai.

Jika dihitung dengan akses jalannya, maka jembatan ini memiliki panjang 55 kilometer menyambungkan Hongkong, Makau, dan kota Zhuhai di daratan China.

Pembangunan jembatan ini memakan biaya sebesar 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 303,8 triliun. Pembuatan ini sempat diwarnai masalah keselamatan kerja karena sebanyak 18 pekerja konstruksi tewas dalam proses pembangunan ini.

Jembatan ini dibangun dengan menggunakan 400.000 ton aja yang cukup untuk mendirikan 60 menara Eiffel. Jembatan ini mampu menahan guncangan gempa dan terpaan angin topan.

Presiden China Xi Jinping meresmikan jembatan terbesar di dunia yang menghubungkan Hong Kong, macau dan China daratan pada Selasa (23/10/2018.

Xi Jinping mengumumkan pembukaan resmi jembatan tersebut dalam upacara yang dihadiri oleh para pemimpin Hong Kong dan Macau di terminal pelabuhan di Kota Zhuhai Selatan.

“Dengan ini saya nyatakan jembatan Hongkong- Zhuhai-Macau resmi dibuka” kata Xi.

Jembatan terpanjang 55 km ini meliputi jalan yang meliuk dan terowongan bawah air, menghubungkan Pulau Lantau di Hongkong ke Zhuhai dan daerah wisata judi, Macau, di seberang perairan Muara Mutiara.

Pembuatan jembatan merupakan proyek infrastruktur besar kedua yang menghubungkan Hongkong ke Cina yang diresmikan dalam hitungan minggu.

Jembatan Terpanjang-Presiden China Resmikan Jembatan Terpanjang 55 Km

Proyek pertama yang telah diresmikan adalah pembukaan sambungan rel kereta api cepat bulan lalu.  Proyek ini juga merupakan bagian dari strategi Beijing untuk menciptakan “Greater Bay Area” pusat ekonomi luas di kawasan teluk.

Untuk sementara kapal bisa melintas dari bagian jembatan sepanjang 6,7 kilometer “tidak terlihat” dan menjadi terowongan yang menyambung dua puluh buatan.

Sedangkan sisanya adalah jalan akses, viaduk dan terowongan darat yang menghubungkan Zhuhai dan Hongkong ke jembatan utama.

Rencana ini merupakan bagian dari Cina untuk membangun apa yang disebut Greater Bay Area yang termasuk di dalamnya Hongkong, Makau dan sembilan kota lainnya.

Namun sangat disayangkan tidak semua kendaraan bisa melintas jembatan ini., dikarenakan harus membayar serta memberlakukan kuota.  Mahalnya pembangunan jembatan ini sempat menimbulkan banyak pertanyaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *