Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Berita Gempa Terbaru-Pemerintah Siapkan Rp560 M Untuk Sulteng

Berita Gempa Terbaru-Pemerintah Siapkan Rp560 M Untuk Sulteng

Berita Gempa Terbaru-Pemerintah Siapkan Rp560 M Untuk Sulteng

Berita bencana alam

Berita Gempa Terbaru– Pemerintah dan Sri Mulyani sedang memproses permintaan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB untuk penanganan gempa hingga tsunami di Sulawesi Tengah sebesar Rp 560 miliar.

Demikian diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

“Permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar. Kita proses hari ini. Supaya bisa dicairkan sesegera mingkin hari Senin atau bahkan kalo besok memungkinkan dari perbankan itu adalah sebagai BNPB bisa langsung melakukan operasi,” kata Sri Mulyani.

“Sumbernya dari BNPB kami ada untuk di dalam anggarannya sendiri maupun pos cadangan untuk bencana. Kalaupun ini masih September dan kita sudah banyak keluarkan (anggaran), kita akan lihat realokasi dari bendahara umum negara,” tuturnya.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah saat ini terus memantau segala kebutuhan korban bencana di lokasi. Dia bilang pemerintah akan semaksimal mungkin menolong masyarakat korban gempa.

Berita Gempa Terbaru-Pemerintah Siapkan Rp560 M Untuk Sulteng

Saat ini, kata Sri Mulyani, berbagai tim dari TNI, BNPB, hingga Polri diturunkan untuk melakukan operasi kemanusiaan. Pemerintah pun mendukung aksi itu semua demi kemanusiaan.

“Ini kan tidak direncanakan, segala sesuatu yang mendesak kita akan tambahkan dari sisi Pos BNPB sehingga mereka bisa jalankan,” tuturnya.

Gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tenggara (Sulteng) menimbulkan kerusakan berbagai fasilitas. Banyak bangunan roboh dan jalanan yang rusak akibat guncangan gempa dan terjangan tsunami.

Salah satunya yang terlihat jelas adalah Jembatan Kuning Palu yang roboh. Terlihat reruntuhan masuk ke dalam perairan Teluk Talise yang memisahkan Palu Barat dengan Palu Utara.

Selain itu, terlihat juga Masjid Arqam Bab Al Rahman atau Masjid Apung Palu yang roboh masuk ke dalam laut. Terlihat pula reruntuhan menara ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu serta kerusakan di pelabuhan.

Sebelumnya, BNPB menyatakan korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu berjumlah 384 orang, 540 orang luka dan 29 orang dinyatakan hilang dan sekitar 16 ribu orang mengungsi. Jumlah tersebut merupakan data sementara hingga pukul 13.00 WIB dan hanya berasal dari Kota Palu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *