Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Berita Terkini Politik-Dana Kampanye Dari Jutaan Hingga Miliaran

Berita Terkini Politik-Dana Kampanye Dari Jutaan Hingga Miliaran

berita politik

Berita Terkini Politik-Dana Kampanye Dari Jutaan Hingga Miliaran

Berita Terkini Politik– Dari banyak partai yang akan berkampanye di pilpres 2019 yang akan mendatang, dana yang terkumpul dari jutaan hingga miliaran.

berikut ini adalah partai yang awal dananya dari jutaan hingga miliaran :

1. PAN
Pan telah melaporkan dana awal kampanye yang dilaporkan totalnya Rp 50 Juta. Duit sebanyak itu menempatkan PAN jadi salaj satu partai dengan dana terendah.

Wakil Ketua Umum PAN menjawab pertanyaan soal laporan dana kampanye yang terendah. Itu hanyalah laporan awal, nanti masih akan ada laporan sumbangan dana kampanye dan terakhir seluruh akumulasi lapoan dana.

Viva mengatakan PAN tak minta caleg mereka untuk meyumbang ke partai. PAN tak ingin membebani caleg. Justru partai akan memberikan kontribusi pada caleg-caleg apakah itu dalam bentuk alat peraga kampanye.

2. PKPI
PKPI melaoprkan dana awal kampanye sebesar Rp 255 juta. Dana tersebut berasal dari para caleg dan uang partai.

Awalnya dana yang terkumpul sebesar Rp 578 juta. Namun telah terpakai sekitar Rp 322 juta sehingga yang dilaporkan ke KPU adalah saldo akhir dari pemasukan dan pengeluaran.

“Dari caleg sekitar 200 juta, dari partai sekitar 300 juta (berasal sumbangan beberapa individu pengurus partai),” kata Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Ia menjelaskan dana tersebut digunakan untuk uang muka pengadaan alat peraga kampanye (APK).

3. Demokrat
Partai Demokrat memiliki dana awal kampanye Rp 839 juta. Dana tersebut sudah dilaporkan ke KPU.

Ferdinan Hutahaean, Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat mengatakan jumlah tersebut berasal dari internal partai. Namun ia tak menjelaskan rincian laporan uang diserahkan ke KPU.

Berita Terkini Politik-Dana Kampanye Dari Jutaan Hingga Miliaran

4. Nasdem
Partai Nasdem melaporkan dana awal kampanye senilai Rp 7,5 miliar. Dana partai pimpinan Ketum Surya Paloh itu terdiri atas uang cash untuk kas di rekening dan alat peraga, Bendera, Kaus.

Johny mengaku tak hafal detail dari mana saja sumber dana awal kampanye partainya itu. Namun ia memastikan dana tersebut dari aturan yang ada.

5. PDIP
Bendahara Umum PDIP mendatangi kantor KPU RI untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye PDIP. Olly sang bendahara menyebut dana awal kampanye partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu sebesar Rp 105 miliar.

Sebelumnya, dana dengan jumlah Rp 105 miliar itu baru dari internal partai yakni dari caleg yang berjumlah 569 orang dan dari DPP PDIP.

Dana awal kampanye partai ini memang jauh lebih besar dari partai lainnya. Salah satu faktornya yakni jumlah yang diterima dimana satu orang caleg rata-rata memberikan Rp 500 juta.

Sedangkan KPU telah menutup penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye Pemilu 2019.

Laporan awal dana kampanye ini tidak hanya disampaikan oleh parpol peserta peilu. kedua pasangan calon presiden juga telah menyerahkan laporan dana awal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *