Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Berita Terbaru Jack Ma- Pensiun Dari Jabatan di Alibaba

Berita Terbaru Jack Ma- Pensiun Dari Jabatan di Alibaba

Berita Terbaru Jack Ma- Pensiun Dari Jabatan di Alibaba

Berita Terbaru Jack Ma -Pendiri dan pimpinan raksasa e-commerce Alibaba Jack Ma mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari jabatan yang dipegangnya, setelah rapat umum pemegang saham pada tahun 2020 mendatang.

Tepat di hari ulang tahunnya ke-54, Jack Ma  resmi mundur dari kepemimpinan di Alibaba. Kisah hidup Ma hingga akhirnya sukses mendirikan Alibaba dan menjadi orang terkaya di China sangat menarik untuk disimak, dan menjadi inspirasi banyak orang.

Dalam sebuah acara yang diwawancarai, Ma mengaku pernah ditolak 10 kali saat mendaftar ke kampus bergengsi Harvard University. Ia juga pernah berkali-kali ditolak saat melamar pekerjaan.

Ia pernah gagal dalam ujian masuk perguruan tinggal sebelum akhirnya diterima di Hangzhou Teachers College. Ma lulus tahun 1988 silam dan berkarier sebagai guru bahasa Inggris selama beberapa tahun.

Ma pergi ke California, As untuk membantu menagih utang pebisnis AS ke sebuah perusahaan Cina.  Setelah selesai, ia kemudian kembali ke China dimana saat itu internet belum berkembang.

Berita Terbaru Jack Ma- Pensiun Dari Jabatan di Alibaba

Jack Ma memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan meminjam uang beberapa ribu dollar AS untuk meluncurkan China Pages, salah satu laman e-commerce pertama di China. Juga mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dengan modal awal 60.00 dolla AS.

Dalam waktu dan perjalanannya, Alibaba memikat perusahaan-perusahaan raksasa sebagai investor, seperti Goldman Sachs dan SoftBank. Saat fenomena “dot-com crash” pada tahun 2000 banyak perusahaan internet yang jatuh, Alibaba selamat.

Kemudian Alibaba mulai mencatatkan laba, pada tahun 2003, Alibaba meluncurkan Taobao.com yang juga meraup kesuksesan.

Setelah pensiun dari Alibaba, Jack Ma mengaku akan fokus pada kegiatan filantropi dan pendidikan. Posisi Ma akan digantikan oleh Daniel Zhang saat ini menjabat CEO Alibaba. Keputusan Jack Ma dalam memilih Zhang tentu nya bukan tanpa sebab.

Satu catatan yang mungkin paling spesial dari Zhang adalah ketika ia menjabat sebagai presiden di Tmall.com, e-commerce milik Alibaba.

Dirinya mencetus Singles’ Day, sebuah pesta belanja tahunan di China, yang penjualannya tiga kali lebih lebas dari gabungan antara Black Friday dan Cyber Monday di AS.

Tidak hanya itu, ditunjukkan Zhang pun dirasa merupakan pilihan yang aman. Bukan berarti pria yang menjabat sebagai CEO sejak 2015 itu tidak menghadapai tantangan ke depan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *