Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Berita Terbaru - Sekolah Wajib Bagi Non-Muslim Pakai Jilbab di Riau

Berita Terbaru – Sekolah Wajib Bagi Non-Muslim Pakai Jilbab di Riau

Berita Terbaru – Sekolah Wajib Bagi Non-Muslim Pakai Jilbab di Riau

Berita terbaru

Berita Terbaru – Sekolah menengah atas diwajibkan memakai jibab termasuk bagi yang non-muslim daerah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Peraturan itu dilakukan hanya imbauan dan merupakan bagian dari kearifan lokal saja kata kepala sekolah di SMA Negeri 2 Rambah Hilir.

Terkait Isu yang mengharuskan bagi siswa non-muslim memakai jilbab pernah muncul pada tahun 2016, saat itu smp negeri 3 di Indragiri Hulu mengharuskan seluruh siswi mereka mengenakan jilbab. Namun perkataan itu bantah oleh pihak sekolah yang sedang dijalani Murid SMA Negeri 2.

Norman sebagai Pemimpin sekolah menyatakan ketentuan berpakain itu bukan keharusan dan tak diatur secara tertulis. Sekolah yang di pimpinnya sudah sejak lama menghimbau pemakaian jilbab. Ia menyampaikan Riau dalah daerah Muslim, jadi arahan kepala sekolah terdahulu yang non-Muslim juga berjilbab tidak pernah menjadi hal yang wajib. Meskipun kebudayaan Riau mempunyai nilai-nilai keislaman, sekolah merupakan ruang untuk menyamai keberagaman dan kebhinekaan.

Berita Terbaru – Sekolah Wajib Bagi Non-Muslim Pakai Jilbab di Riau

Ia menganggap aneh keluhan kaidah berjilbab yang muncul di berita belakangan ini. Sekolah tak pernah menjatuhkan sanksi pada siswi non-muslim yang tak mengenakan jilbab. Karena bagi setiap sekolah harus memperhatikan hak setiap murid untuk menjalan keyakinan agamanya.

“jika wajib berarti ada sanksinya, memakai jilbab hanyalah sekedar motivasi bagi anak didik juga tidak pernah ada sanksi”katanya.

Jilbab untuk menjalankan syariat agama dan demi norma kesopanan tidak masalah, akan tetapi jika di paksakan, itu perlu ditinjau kembali. Kewajiban jilbab hanya dapat diataur dalam sekolah berbasis agama. Para pelajar yang bersekolah di lembaga agama harus siap dengan konsekuensinya.

Peraturan itu menjadi kontroversi diberbagai daerah, sebelumnya larangan terhadap sekolah negeri pernah mewajibkan para siswa mengenakan jilbab pernah diberlakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama setahun lalu, karena dia menilai adanya pemaksaan menggunakan kerudung di sekolah.

Sampai sekarang diberbagai daerah walaupun tidak banyak, masih ada juga peraturan yang menghimbau untuk memakai jilbab. contohnya tahun lalu di Bali , Banyuwangi , dan sekarang di Pekanbaru, Riau.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *