Berita Populer | Berita Terkini | Berita Politik | Berita Terbaru | Berita Dalam Negeri | Berita Luar Negeri

Berita Populer - Gempa Lombok, Banyaknya Pendaki Terjebak di Gunung Rinjani

Berita Populer – Gempa Lombok, Banyaknya Pendaki Terjebak di Gunung Rinjani

Gempa Lombok, Banyaknya Pendaki Terjebak di Gunung Rinjani

BERITA POPULERGempa Lombok Banyaknya para pendaki yang terjebak digunung rinjani, belum dpat dievakuasi karena adanya longsor dan material batu yang menghambat jalan nya proses evakuasi. Saat gempa, semua pendaki panik dan melihat batu-batu berjatuhan, dan ketika ingin naik keatas ternyata sudah terjadi longsor. Sebagaimana diinfokan oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Lombok (Nusa Tenggara Barat) mengatakan jalur untuk pendakian tertutup akibat material longsor dan gempa yang terjadi di Lombok. Sebagian pendaki terdapat warga negara asing yakni dari Thailand, Prancis, Belanda, dan Malaysia.

BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 6,4 SR itu mengakibatkan lebih dari 1.000 rumah mengalami kerusakan, ratusan luka-luka dan membuat para pendaki terjebak. Pada minggu pagi setelah gempa,  akan terjadi gempa susulan sebanyak 133 kali, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Tidak sampai disitu, sejumlah pendaki Gunung Rinjani berhasil turun saat terjadi gempa di pintu pendakian Bawaq Nau. Terlihat sebagian panik dan ketakutan saat ditemukan.

Dalam hal ini Balai Taman Nasional Gunung Rinjai ( BTNGR) menyebutkan sejumlah 500 orang masih terjebak, sedangkan Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan 266 masih terperangkap di gunung rinjani. Untuk mengevakuasi mereka semua tim gabungan TNGR siap berangkat melakukan evakuasi korban yang terjebak di gunung rinjani.

Untuk upaya penyelamatan para pendaki gunung satu-satunya dengan melewati arah kesini, yang kearah Bawak Nao. Dijalur Bawaq Nao ini, para pendaki pun mulai menemui post tempat dari post kesehatan, dan Identitas data mereka. Tidak sampai disitu, ambulans juga siapkan untuk pendaki yang sedang terluka,” kata Kasdim Lombok Timur Mayor. Setidak nya ada beberapa titik yang terjebak di gunung rinjani yaitu sembalun dan batu ceper.

Selama proses evakuasi, Afrianto menjelaskan pendaki juga memakai tali pengaman sebab kondisi jalan relatif rusak. Dalam proses mengevakuasi pendaki ditentukan sampai dengan waktu yang di tentukan,”ujarnya.

Gempa yang terjadi berulang kali itu membuat tenda pemukiman menjadi ambruk. Akibat dari dampak gempa masyarakat Lombok tidak menggunakan listrik dan air bersih untuk sementara waktu sampai benar benar pulih kembali.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *